Sabtu, 18 Maret 2017

0853 2748 2269 (T-sel) Agen Pakan Lele Murah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta

Agen-Pakan-Lele-Murah-Kecamatan-Gamping-Kabupaten-Sleman-Yogyakarta
0853 2748 2269 (T-sel) Agen Pakan Lele Murah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta
Selamat datang di Agen Pakan Lele Murah kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang gemar makan dan makan, ikan lele ini aktif saat matahari terbenam untuk beraktifitas, mulai mencari makan dan berkembang biak. Ikan lele juga salah satu ikan tawar yang mudah untuk mengalami proses pertumbuhan, tentunya juga diimbangi dengan makanan yang baik pula. Dengan ini saya akan membrikan ulasan tentang MakananIkan Lele Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan, memang pertumbuhan adalah aspek penting untuk mencapai hasil panen yang diinginkan, semakin cepat ikan lele tumbuh besar maka semakin kecil pula biaya pengeluaran untuk perawatan baik pembelian makanan maupun pengendalian penyakit dan hama.

Foto Makanan Ikan Lele Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Tidak terlalu sulit memang dalam urusan pakan ikan lele, karena ikan ini menyukai makanan apa saja yang ada disekelilingnya. Ikan lele juga menyukai tempat-tempat kotor seperti limbah yang mempunyai banyak makanan. Tak jarang para peternak ikan lele membidudayakannya disaluran pembuangan limbah rumah tangga yang kaya akan makanan sisa dan sampah organik dapur. Selain itu pada saluran pembuangan rumah tangga ini agar mendapatkan asupan makanan alami seperti jentik nyamuk dan beberapa larva yang tumbuh dikolam tersebut.

Memang ikan lele ini menyukai tempat seperti limbah yang banyak akan makanan, namun jangan demikain 100% menaruh ikan lele didalam kolam hasil pembuangan limbah rumah tangga. Jika kita sedang membudidayaknnya harus memikirkan pertumbuhan supaya ikan lele cepat untuk memasuki panen. Untuk itu diperlukan pakan untuk menyeimbangkan gizi dan kebutuhan nutrisi pada ikan lele, dengan memberikan jenis pakan diantaranya pakan alami, pakan tambahan, dan pakan buatan. Dan dibawah ini akan saya jelaskan dengan rinci tentang Makanan Ikan Lele Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan, karena hal ini sangat penting untuk mempengaruhi percepatan panen dan hasil yang baik.

Pakan Alami

Pakan alami yang dapat dikonsumsik ikan lele adalah binatang kecil dan larva seperti plankton dan mikroorganisme positif lainnya, untuk mendapatkan plankton dan mikroorganisme positif harus dilakukan dengan pemupukan pada kolam. Teknik untuk memupuk kolam dengan fermentasi limbah/kotoran ternak seperti kotoran sapi sudah saya jelaskan dipertemuan sebelumnya, bisa anda pelajari pada Cara Sukses Ternak Lele Organik Untuk Bisnis Perikanan.

Pakan alami kaya akan nutrisi yang dibtuhkan oleh ikan lele, karena mengandung protein yang sangat tinggi yang dibutuhkan olahe ikan lele. Jika kolam sudah disini dengan dengan pupuk dan campuran bahan lainnya, biarkan kolam selama 3 minggu untuk menunggu berhasilnya proses pemupukan. Tanda berhasil tidaknya pemupukan pada kolam ikan lele adalah dengan perubahan warna air yang menjadi kehijauan, hal ini berarti mikroorganisme sudah mulai tumbuh berkembang didalam kolam. Selanjutnya dilakukan penyesuaian secara bertahap dengan menambah volume air sebelum benih ditebarkan.

Untuk mempercepat pertumbuhan pada ikan lele, bisa dibuatkan kolam rotifer (cacing bersel tunggal) dengan luas kolam sekitar 10x10 meter. Caranya dengan meletakkan kolam rotifer berada diatas bagian kolam ikan lele. Dengan cara ini kebutuhan pakan alami pada lele akan mudah dipenuhi, dan dengan saluran yang menghubungkan kolam rotifer ke kolam ikan lele tentunya memudahkan pemberian pakan alami.

Pakan Tambanhan

Makanan tambahan juga sangat termasuk kategori Makanan Ikan Lele Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan, dengan semikian perlu diberikan makanan tambahan untuk lele yang sedang dibudidayakan dikolam pembesaran. Makanan tambahan sangat mudah  didapatkan dan tidak perlu dengan membelinya, makanan tambahan ini bisa berupa sisa-sisa makanan keluarga yang tidak habis, daun kubis busuk, tulang ikan yang lunak, tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam, serta bangkai binatang apa aja yang bisa anda dapatkan disekitar lingkungan Anda.

Makanan tambahan ini sangat bagus jika diberikan campuran dedak dengan ikan rucah yang sudah ciaduk dengan air dengan perbandingan 9 : 1, dan bisa juga menggunakan jagung giling, dengan bekicot 2 : 1, karena kedua bahan ini memiliki protein yang tinggi.

Jika Anda dekat dengan lokasi pelelangan ikan maka akan sangat bagus bila Anda membeli ikan rucah (ikan kecil) yang tidak layak dikonsumsi menjadi santapan tambahan untuk ikan lele Anda maka ikan lele akan cepat besar.

Pakan Buatan

Pakan buatan selama ini menjadi makanan poko ikan lele yang dibudidayakan, dan pakan buatan bisa didapatkan dengan mudah mulai dari toko-toko peternakan dan pertanian. Memang untuk pakan yang satu ini memerlukan pengeluaran uang setiap pembeliannya, maka dari itu untuk mendapatkan harga yang lebih rendah seharusnya Anda membelinya langsung dalam jumlah yang banyak. Dengan pembelian yang banyak bisa didapatkan dengan harga grosir, tentunya lumayan untuk mengurangi biaya pengeluaran pembelian pakan.

Pakan buatan/pelet sangat bagus untuk menjaga kelangsungan hidup ikan lele karena kandungan gizi didalamnya sudah ditujukan untuk memenuhi nutrisi ikan lele yang dibutuhkannya, tentunya jika nutrisi terpenuhi makan pertumbuhan pembesaran akan lebih cepat. Jika ingin menghemat pengeluaran untuk pembelian pakan/pelet pabrikan, Anda dapat membuat pakan buatan dengan resep sebagi brikut.

Pelet/pakan buatan ini memeliki bahan pokok diantaranya sebagi berikut :

Bahan
Berat (%)
Tepung Ikan
27
Bungkil Kacang Kedelai
20
style="margin-bottom: 0.0001pt;"> Tepung Terigu
20,5
Bungkil Kacang Tanah
19
Kacang Hijau
9
Tepung Darah
5
Dedak
9
Vitamin
1
Mineral
0,5

Cara Membuatan Pelet Ikan Sendiri :


  1. Haluskan semua bahan diatas, campur dan aduk hingga merata dan halus seperti halnya pasta, kemudian dicetak agar lebih mudah untuk pemberian pakan nantinya.
  2. Keringkan dipanas matahari sehingga kadar air berkurang dari 10%
  3. Setelah kering, berikan minyak (lumuri) pada pelet agar pelet mempunyai kandungan lemak yang nantinya diperlukan untuk penggemukan ikan lele, pemberian minyak ini juga bertujuan untuk memperlambat tenggelamnya pelet agar semua ikan lele kebagian.


Cara Pemberian Pakan

Untuk cara ini perlu diperhatikan karena ikan lele boleh diberikan makan berupa pelet saat sudah memasuki umut 6 mingguan. Pemberian pelet bisa dilakukan 3-4 kali dalam sehari, dan tergantung kebutuhan makan ikan lele, jika lele sudah menandakan kenyang maka berbentilah menebar pelet karena pelet yang tersisa kan menimbulkan tercemarnya air kolam dan mengundang berbagai penyakit.

Pemberian dilakukan sebaiknya tidak saat turun hujan, karena saat  hujan turun nafsu makan lele akan berkurang bahkan hilang. Jika terik matahari sangat panas, ikan lele biasanya juga kehilangan nafsu makan. Peternak yang baik tentunya memahami binatang peliharaanya!!

Diatas merupakan beberapa Makanan Ikan Lele Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan, dan dalam teknik pembrian pakan tentunya denga aturan yang sudah saya jelaskan.  Perawatan yang baik dan benar akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, begitu juga sebaliknya. Dengan keuletan dan kreatifitas seorang peternak untuk menciptakan pakan tambahan, akan bagus untuk menunjang perkembangan budidaya ikan lele yang sedang dilakukan. Untuk lebih jelasnya sudah saya berikan ulasan mengenai Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen.


Demikian tips yang saya bagikan tentang Makanan Ikan LeleYang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Jenis Ikan Lele Yang Populer Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan.

Semoga bermanfaat.
hormat kami Agen Pakan Lele Murah kecamatan Gamping Kabupaten Sleman Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar